Mengapa penting untuk mengganti oli mesin sepeda motor secara teratur?

Ini pada dasarnya mengapa kita harus mandi setiap hari. Dengan semua konstruksi yang sangat direkayasa dengan toleransi yang dekat, putaran tinggi mesin modern menciptakan banyak gesekan di mesin yang menyebabkan potongan-potongan kecil logam dalam jangka panjang. Kemudian ada benda asing seperti debu dan kotoran yang dapat meresap melalui mesin cuci, terutama jika Anda mengendarai sepeda motor di medan yang kasar dan berlumpur.

Zat-zat kecil namun penting ini pada akhirnya akan mengendap di dalam silinder dan di kepala dan akan mengurangi kinerja mesin. Selain itu, aditif yang diformulasikan dengan baik untuk membersihkan formasi karbon yang menumpuk pada bagian-bagian mesin. Penggantian oli secara teratur akan membantu meminimalkan penumpukan endapan karena semua penumpukan itu akan datang bersama oli lama saat kami mengalirkan oli dari mesin, menjaga bagian dalam tetap bersih dan siap digunakan untuk batch oli baru.

Apa saja jenis-jenis oli mesin untuk sepeda motor?

Ada kalanya kami begitu ketakutan dan kewalahan dengan merek dan jenis oli motor yang tersedia di rak-rak toko. Masing-masing oli ini memiliki tujuan dan penggunaan yang sesuai dan bervariasi dengan kadar yang menentukan tingkat viskositas dan suhu yang dapat ditahan oli tanpa kehilangan posisinya. Pada dasarnya, mereka diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: minyak dasar mineral, minyak semi-sintetik dan minyak sintetis.

Minyak dasar mineral

Sesuai dengan namanya, minyak dasar mineral adalah bentuk yang tersedia secara alami dari produsen minyak mentah yang digunakan sebagai pelumas standar. Ini memberikan perlindungan yang sangat baik untuk mesin baru selama beberapa ratus kilometer pertama, terutama untuk sepeda motor dengan mesin perpindahan kecil di bawah 125cc. Struktur minyak ini tidak seragam, itu akan mencegah molekul dari mengikat bersama dalam kondisi ekstrim.

Faktor-faktor ini membuat oli ini kurang efektif dan perlu diganti lebih sering, lebih sering daripada oli Sintetis. Meskipun mereka adalah yang paling terjangkau, mereka cenderung memiliki masa pakai oli yang lama dan tekanan besar apa pun pada mesin atau harus menjalankan sepeda motor dalam kondisi ekstrem pada akhirnya akan menyebabkan suku cadang lebih cepat aus.

Oli semi-sintetik

Menawarkan keseimbangan yang baik antara oli mineral alami dan struktur kimia kompleks Oli Sintetis, Oli Semi-Sintetis adalah pelumas yang lebih serbaguna yang dapat menjaga berbagai macam mesin sepeda motor berjalan dengan lancar. Rata-rata, oli ini mengandung 30% bahan kimia untuk membantu menjaga sepeda motor Anda tetap berjalan efisien dan bersih bahkan untuk waktu yang singkat.

Selama bertahun-tahun, oli semi-sintetik telah meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Bagi pengendara sepeda motor dianggap lebih umum, pada umumnya untuk melengkapi dengan oli mineral, seseorang harus mengganti oli semi-sintetik yang dapat menempuh beberapa ribu kilometer. Sepeda motor dengan perpindahan mesin 125cc – 180cc biasanya akan datang dengan oli semi sintetik.

Minyak sintetis

Seseorang harus mempertimbangkan untuk menggunakan oli Sintetis untuk sepeda motor mereka karena indeks viskositasnya yang rendah. Tidak seperti oli mineral, oli sintetis sepenuhnya dikembangkan di laboratorium dan hanya oli mineral yang digunakan sebagai aditif. Oli ini bekerja paling baik bahkan saat mesin dikenai beban yang lebih besar karena oli ini sangat melumasi dan tahan terhadap suhu yang sangat tinggi.

Oli sintetis juga akan bertahan lebih lama dan memberikan perlindungan mesin yang lebih baik bahkan jika Anda adalah seseorang yang menghabiskan bahan bakar penuh setiap hari atau tinggal di tempat dengan kondisi suhu ekstrim. Mesin berperforma tinggi dan motor trail akan dilengkapi dengan oli sintetis pabrik. Namun, ini cukup mahal untuk ditambahkan tetapi tentu saja merupakan harga kecil yang harus dibayar untuk menjaga mesin sepeda motor Anda tahan lama, dan lebih efisien.

Referensi Oli X-tenRekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia