Makanan Sehat Untuk Mencegah Diabetes

Memilih makanan yang tepat dan tepat Penting untuk mengontrol kadar gula darah. Ini dapat membantu mencegah dan memperlambat komplikasi dari diabetes. Pedoman pelayanan kesehatan bagi penderita diabetes adalah sebagai berikut:

1. Makan semua 5 kelompok makanan, masing-masing kelompok menyediakan variasi. dan perhatikan beratnya

Pemilihan jenis makanan yang berbeda bergilir setiap harinya. Untuk semua kelompok dalam jumlah yang tepat. akan membantu tubuh menerima nutrisi lengkap dan mencukupi kebutuhan tubuh Makan kira-kira jumlah makanan yang sama dari setiap kelompok makanan setiap hari.Setiap makan harus berjarak empat sampai lima jam dan tidak melewatkan waktu makan.

Selain itu, hal penting lainnya adalah menjaga berat badan agar tidak gemuk. Penelitian dari University of Surrey Inggris ditemukan Pada penderita diabetes tipe 2, membiarkan diri mereka menjadi gemuk memperpendek umur mereka hingga 8 tahun.Penurunan berat badan yang sehat harus dikurangi secara perlahan. Dan secara teratur akan lebih aman daripada menurunkan berat badan dengan cepat. Secara umum, tingkat penurunan berat badan yang wajar dan tidak berbahaya adalah 0,5 kg per minggu.Penelitian menunjukkan bahwa kehilangan sedikitnya 5-10% dari berat badan asli Anda dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi lemak, dan mengurangi risiko obesitas lainnya.

2. Makan nasi sebagai makanan pokok Bergantian dengan makanan bertepung untuk beberapa makanan.

Jenis dan jumlah tepung penting untuk diperhatikan oleh penderita diabetes. Karena itu mempengaruhi kontrol gula darah. Meskipun makanan bertepung, termasuk nasi, mie, roti, biji-bijian, sayuran bertepung, dan kacang-kacangan dapat diubah menjadi glukosa Namun kelompok makanan ini merupakan sumber energi penting yang dibutuhkan tubuh. memiliki kekuatan untuk bekerja Oleh karena itu, penderita diabetes tidak boleh menahan diri dari makanan bertepung. Tetapi harus dimakan dalam jumlah sedang. dan harus memilih untuk mengkonsumsi jenis yang tidak dipoles atau diproses ringan, seperti beras merah, roti gandum, dan biji-bijian seperti gandum, barley, dan jagung, karena mereka menyediakan vitamin. mineral serta serat makanan Jumlah yang disarankan adalah tepung beras 6-11 sendok per hari.

3. Perbanyak makan sayur dan buah secara teratur.

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat, antioksidan yang baik. dan fitokimia yang membantu mencegah diabetes Serat makanan juga membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, Anda harus makan buah dan sayuran setiap hari. Terutama sayuran, yang merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat rendah. Rendah energi, sebaiknya makan 2 cangkir per hari, atau sama dengan sekitar 5 sendok sayur masak. Ini juga mengandung gula alami buah. Meskipun beberapa buah tidak diberi pemanis. Karena itu, makan banyak buah akan memberi Anda banyak energi, yang memengaruhi berat badan Anda. Dan pada penderita diabetes, hal itu juga mempengaruhi kontrol kadar gula darah. Sebaiknya makan 3 – 5 porsi buah per hari (1 bagian buah sama dengan 1 buah ukuran sedang, seperti 1 jeruk atau 1 pisang atau 6-8 kata buah iris) dan sebaiknya menghindari manisan buah-buahan. dan buah kaleng. karena kandungan gulanya yang tinggi dan mungkin mengandung garam

4. Makan ikan, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan secara teratur.

Makanan ini merupakan sumber protein. Ikan harus dimakan setidaknya tiga kali seminggu, pilih daging tanpa lemak dan daging berlemak. Dan hindari daging tinggi lemak seperti iga babi, leher babi, sosis Vietnam, sosis Cina atau sosis untuk mengurangi kandungan lemak jenuh. dan kolesterol untuk mengontrol kadar kolesterol dan lemak darah Membantu mengurangi timbulnya penyakit jantung. Sebaiknya makan 6-12 sendok makan daging per hari, selain protein nabati. Kacang-kacangan, misalnya, juga merupakan sumber serat yang baik.

5. Minum susu sesuai usia.

Susu merupakan sumber protein dan mineral yang penting. kalsium dan fosfor yang membantu menjaga tulang dan gigi tetap kuat Susu dan produk susu penuh lemak mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Sebaiknya memilih untuk minum susu dan produk susu rendah lemak atau rendah lemak 1-2 gelas per hari Penderita diabetes sebaiknya menghindari susu asam, susu beraroma atau jenis susu apa pun dengan tambahan gula.

6. Makan makanan yang berlemak tetapi dalam jumlah sedang.

Lemak adalah makanan berenergi tinggi. menghangatkan tubuh mengandung asam lemak esensial Dan membantu dalam penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Lemak dibagi menjadi 3 kelompok menurut jenis asam lemaknya, yaitu lemak tak jenuh, satu posisi. lemak tak jenuh ganda dan lemak jenuh Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol, yang banyak ditemukan pada lemak hewani. jeroan, santan, gorengan, es krim, termasuk lemak trans Yaitu lemak nabati yang telah dimodifikasi menjadi padatan seperti margarin, shortening, yang merupakan komponen bahan makanan yang dipanggang seperti cake, cookies, dll karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. Sebaiknya memilih menggunakan kedua jenis lemak tak jenuh tersebut. Yang ditemukan dalam minyak nabati, ikan dan kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond dan kacang mete. secukupnya Karena semua lemak memberikan energi yang sama. Jika Anda makan banyak, Anda tidak dapat mengontrol berat badan Anda. Sebaiknya pilih metode memasak yang dapat mengurangi lemak, yaitu merebus, merebus, mengukus, memanggang, memanggang, salad pedas, dan menumis dengan sedikit minyak.

7. Hindari makanan yang sangat manis dan asin.

Gula adalah karbohidrat dalam bentuk sukrosa. Ketika dicerna, itu dicerna menjadi glukosa dan fruktosa. menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat Oleh karena itu, penderita diabetes harus menghindari Banyak makanan penutup mengandung gula, pati, dan lemak, yang biasanya merupakan lemak jenuh. makan permen secara teratur Dapat menyebabkan gula dan lemak yang tidak terkendali dalam darah.

Makanan asin dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hindari makanan yang sangat asin seperti makanan fermentasi seperti acar sayur, acar buah, terasi, ikan asin, ikan kering, daging babi/sapi yang dijemur, makanan olahan seperti abon babi, daging babi, sosis, sosis Vietnam, dan sebaiknya menggunakan berbagai bumbu seperti kecap, air.

Baca Juga : Testimoni Mosehat untuk Penyakit Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published.